BBM Resmi Berhenti Beroperasi, Ini Kenangan yang Bikin Kita Sedih! - sebatasinfo.com

BBM Resmi Berhenti Beroperasi, Ini Kenangan yang Bikin Kita Sedih!


BBM sebatasinfo.com

PING! BlackBerry kita berbunyi, menunjukkan ada pesan yang masuk. Oh, ternyata teman kita sudah sejak tadi berusaha menghubungi kita, sehingga ia mengirimkan PING berulang kali. Mungkin secuil kenangan tersebut ada di dalam ingatan kita, para pengguna layanan BlackBerry Messenger atau yang sering kita singkat sebagai BBM. Kabar sedihnya, tidak lama lagi layanan BBM akan ditutup sehingga aplikasi ini akan segera menjadi sekadar kenangan.

BBM Resmi Ditutup

Layanan BBM telah diumumkan akan ditutup pada tanggal 31 Mei 2019. Pihak BlackBerry memberikan jeda waktu agar pengguna aktifnya bisa memindahkan data-datanya. Dilansir dari blognya, Emtek selaku perusahaan yang mengambil alih BBM sejak tahun 2016 memberikan alasan mengapa BBM harus tutup.

Industri teknologi sangat mudah berubah, dan terlepas dari upaya besar kami, pengguna telah pindah ke platform lain sementara pengguna masuk sangat sulit didapatkan. Yang ditutup hanya BBM versi biasa, sedangkan layanan BBMe yang lebih eksklusif dengan fitur lebih lengkap akan masih tetap ada. Jika kamu susah move on, kamu bisa menggunakan BBMe tersebut dengan membayar $2.50 atau Rp36.000 setiap enam bulan.

Kenapa BBM (dan BlackBerry) Bisa Gagal?

BBM Gagal sebatasinfo.com

Meskipun beberapa tahun terakhir BBM berusaha untuk menambahkan beberapa fitur baru seperti pemanggilan Uber, nyatanya mereka tak berdaya melawan kompetitor. Mereka tidak melakukan inovasi dengan cukup cepat. Ketika Android dan iOS muncul ke permukaan, BlackBerry tidak memberikan respon dengan benar.

BlackBerry tidak membuat perangkat Android dan mempertahankan sistem operasi mereka sendiri seperti Nokia. Bahkan, mereka tetap mempertahankan keyboard fisik dan tidak menggantinya dengan layar sentuh, mungkin karena merasa percaya diri dengan BBM-nya. Tentu desain handphone seperti itu dianggap ketinggal zaman, sehingga akhirnya orang-orang banyak yang berpindah ke smartphone lain yang lebih modern. Selain itu, BlackBerry lebih berfokus kepada korporasi, sehingga produk-produk untuk konsumennya kurang maksimal.

Lalu muncullah aplikasi-aplikasi chatting yang lebih baik dan menarik dari BBM. WhatsApp, Line, Facebook Messenger, hingga Telegram membuat BBM terlihat kuno. Contohnya, untuk apa menggunakan PIN BB jika lebih praktis menggunakan nomor telepon? Walaupun efektif untuk mencegah orang tak dikenal, fitur ini justru menjadi bumerang karena ribet. Selain itu, aplikasi-aplikasi di atas juga memiliki fitur-fitur yang lebih canggih serta emoji atau sticker yang lebih lengkap dari BBM. Kombinasi antara gagalnya perangkat keras BlackBerry dan munculnya kompetitor aplikasi chatting yang sangat tangguh membuat BBM akhirnya harus dipensiunkan.

Sejarah BBM

BBM muncul pertama kali pada tahun 2005, sebelum Android dan iOS belum lahir sehingga tidak ada aplikasi WhatsApp ataupun Line. Awalnya, BBM hanya bisa digunakan di perangkat BlackBerry. Pada tahun 2013, barulah BBM dirilis untuk perangkat Android dan iOS. Tahun 2016, perusahaan asal Indoensia Emtek Group melakukan akuisisi terhadap layanan BBM. Hal ini wajar karena Indonesia adalah salah satu pasar BBM terbesar di dunia. Sayangnya, pada tahun 2019, Emtek memutuskan untuk menutup BBM dikarenakan beberapa hal yang telah Jaka sebutkan di atas.

Fitur Identik dari BBM

fitur bbm sebatasinfo.com

Bagi penggunanya, banyak hal identik dari BBM yang tak akan terlupakan dan tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya. Salah satunya adalah fitur PING yang berfungsi untuk mengingatkan penerima pesan kita agar ngecek handphonenya. Selain itu, BBM juga bisa mengetahui lagu apa yang sedang kita dengarkan dan menampilkannya di status. Bahkan, kalau kamu lagi nonton video tak senonoh bisa ketahuan!

BBM juga identik dengan fitur broadcast yang dimilikinya. Dengan fitur ini, kita bisa mengirim satu pesan ke banyak orang sekaligus. Tukar-tukaran nomor PIN juga bakal dikenang karena cuma BBM yang seperti itu. Banyak deh fitur-fitur yang bakal bikin kamu kangen sama BBM!

Istilah-Istilah BBM

Istilah bbm sebatasinfo.com

Enggak cuma fitur, banyak juga istilah-istilah yang awal mulanya dari BBM. Contohnya yang sudah Jaka sebutkan adalah PING dan PIN. Setiap pesan di BBM akan memiliki status D (delivery) atau R (read). Kita bisa tahu apakah pesan kita sampai dan sudah dibaca oleh penerima pesan.

Lalu ada juga istilah Delcont alias delete contact. Biasanya, kita akan melakukan hal ini ketika sedang marahan dengan teman kita sehingga kita menghapus kontaknya. Istilah-istilah yang lain seperti DP (Display Picture), PM (Personal Message), DN (Display Name), TC (Test Contact) dan lain-lain masih kita gunakan sampai sekarang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Sebatasinfo.com All Rights Reserved
Redesign by Sebatasinfo.com