Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964) - sebatasinfo.com

Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)


Sejarah Komputer Generasi Kedua SebatasInfo.com

Perubahan dalam Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua. Yaiut transistor, alat canggih yang mampu maksimalkan kinerja komputer hanya dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini, mampu mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua, dengan cepat. Pada 1959-1960an, para ilmuwan memulai menggarap komputer generasi kedua.


Beberapa diantara intansi, perusahaan, universitas, dan pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Maksud dari penemuan komputer generasi 2 ini adalah transistor, yang mampu membuat sejarah komputer generasi kedua, berukuran lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

Technology Terbaru

Mesin pertama yang menggunakan teknologi terbaru ini adalah super komputer. IBM telah membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC. Sejarah komputer yang dikembangkan di laboratorium energi atom, dapat mengatasi sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti atom.

Harga mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks, sebagai kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membuat keterbatasan dalam kepopulerannya. Hanya ada dua LARC telah dipasang dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Komputer generasi kedua telah menggantikan posisi bahasa mesin dengan bahasa assembly. Dan Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singakatan sebagai pengganti kode biner. Pada awal 1960an, mulai bermunculan sejarah komputer generasi yang kedua yang telah sukses meluncur di bidang bisnis, pada universitas dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini komputer yang sepenuhnya telah menggunakan Transistor.

 Kompenen yang sudah ada

Mereka juga mempunyai komponen yang dapat digabungkan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini yaitu jenis IBM 1401 yang telah diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua dalam memproses informasi keuangan bisnis.

Program yang telah dijalankan tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Komputer digital yang pertama memiliki ukuran bentuk yang sangat besar, serta biaya yang tinggi untuk membuatnya. fungsi komputer pada generasi ke dua kebanyakan hanya digunakan sebagai perhitungan ilmiah.

Sejarah Komputer pada generasi kedua juga sudah memiliki tempat sistem penyimpanan sendiri. Yaitu, Kapasitas memori utama di dapat dari. Magnetic Core Storage dan menggunakan bentuk simpanan luar, yang berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk. Transistor dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih mudah dan efisien, sebagai switch dan dapat lebih diperkecil ke skala mikroskopik.
Pada tahun 2001 peniliti Intel telah mengenalkan silikon dalam bentuk paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran sebesar 20 nanometer atau sebanding dengan ukuran sepermiliar meter, yang bisa digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz).

Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua Adalah:

  1.  Sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN.
  2. Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari  Magnetic Core Storage.
  3. Memakai simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
  4. Kemapuan dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
  5. Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
  6. Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
  7. Kebutuhan terhadap daya listrik lebih kecil.
  8. Orientasinya penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah pada aplikasi teknik.

Pada era komputer generasi kedua, juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 yaitu minikomputer pertama yang dibuat pada tahun 1964, sebagai pengolahan data komersial. Jenis-jenis komputer lain telah muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, 1107, dan SS90, IBM 1400, 7080, 7070, dan 1600.

Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dari komputer dizaman ini adalah bentuknya yang efisien yang tidak sebesar sebelumnya, komputer dalam generasi ini juga lebih luas dalam penerapannya kehidupan. Seperti aspek kesehatan, pendidikan, industri dan lain-lain. Sedangkan kelemahan komputer pada masa ini adalah dalam segi transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang akan berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).
Dalam bahasa assembly digunakan kode-kode semacam singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer ini mampu menghitung daftar gaji, mendesain produk, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran.

0 Response to "Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Sebatasinfo.com All Rights Reserved
Redesign by Sebatasinfo.com