Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an) - sebatasinfo.com

Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)


Sejarah Komputer Generasi Keempat SebatasInfo.com

Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari generasi ke 3, perdaanya bahwa IC pada komputer generasi 4 lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ketiga. Pada generasi keempat, komputer sudah mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.

Sejak tahun 1970 muncul dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi 4. yang Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang bisa disebut dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC, yang dijadikan satu pada sebuah keping IC yang bisa kita sebut dengan nama chip. Istilah penyebutan chip digunakan dalam menunjukkan suatu lempengan yang berbentuk, persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.

LSI kemudian dapat dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu IC. Kemudian dikembangkan lagi menjadi komputer mikro, yang menggunakan semikonduktor dan mikroprosesor yang berbentuk chip. Sebagai memori komputer internal sementara, sedangkan generasi sebelumnya hanya menggunakan magnetic core storage.

Perusahaan Intel dari mulai tahun 1971 telah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 operasi per detik. Dilanjutkan lagi pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu memproses 8 bit informasi hanya pada satu waktu. Selanjutnya dilanjut dengan mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan yang merupakan prosesor sebagai tujuan umum pertama yang berhasil dikembangkan.

Jika sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang hanya sebagai kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kinerja kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan lebih dalam pengalamatan yang lebih besar. Sejarah komputer pada generasi keempat memiliki tampilan monitor, masih menggunakan satu warna (green color).

Komputer- komputer generasi keempat diantaranya adalah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan Altair yang sudah menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

Ciri-ciri komputer generasi keempat Adalah:

  1. Menggunakan LSI (Large Scale Integration).
  2. Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  3. Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II
Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum memiliki standar sebuah komputer terutama personal computer (PC). Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tentunya tidak hanya sampai di situ saja, muncullah perangkat komputer tebaru yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.

0 Response to "Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Sebatasinfo.com All Rights Reserved
Redesign by Sebatasinfo.com