Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang) - sebatasinfo.com

Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang)


Sejarah Komputer Generasi Kelima SebatasInfo.Com

Komputer generasi kelima yaitu pada saat sekarang ini, tengah banyak sekali dilakukan pengembangan oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer generasi masa depan. Pada perkembangan selanjutnya akan ada bayak perubahan besar terjadi, bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan satu-satunya manufaktur PC-compatible. Maka standar baru dalam dunia industri PC, akan lebih banyak di terapkan dan lebih dikembangkan oleh perusahaan lain. Seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang saat ini telah menjadi pionir standar hardware dan software dunia. 

Beberapa bukti diantaranya adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi, penemuan-penemuan terbaru pada saat ini yang bisa kita temui. Sejarah perkembangan komputer generasi kelima merupakan komputer, yang kita gunakan pada sekarang ini. Generasi ini ditandai munculnya. LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor pada saat ini. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya semi conductor dan microprocessor.

Perusahaan yang telah membuat micro-processor di antaranya ialah perusahaan Intel Corporation, Zilog, Motorola, dan lainnya masih banyak lagi. Di pasaran dapat kita temui dengan mudah, dengan adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 80386, 8088, 80286, 80486, dan Pentium. Pentium empat merupakan keluaran produksi terbaru dari perusahaan Intel Corporation yang diharapkan kedepanya dapat menutupi kekurangan dan segala kelemahan yang ada. Pada produk sebelumnya. selain itu, kemampuan serta kecepatan yang telah dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.

Pada tahun 2001 Intel telah berhasil meluncurkan prosesor Itanium, merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama dari produk intel. Itanium adalah prosesor pertama yang dimiliki Intel dengan instruksi 64 bit dan akan mengelurkan satu generasi terbaru mulai dari sistem operasi dan aplikasi, sementara itu produk intel masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer mampu beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Pada saat sekarang ini komputer yang digunakan kebanyakan masih sering menggunakan yang berbasis 32 bit. Pada generasi pentium, selain ciri khasus yang dimiliki dari peningkatan kinerja kecepatan akses datanya dan juga tampilan gambar sudah memiliki resolusi (kualitas gambar) sudah bagus dan berwarna serta multimedia juga mendukung, dan yang lebih penting lagi adalah fungsi komponen komputer menjadi lebih cerdas.

Meskipun komputer pada generasi saat ini, dengan ukuran fisik menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin pintar dan canggih dalam pengoprasiaya. Pada generasi kelima ini, sudah dilakukan upaya pengembangan yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang dapat menggantikan chip. Yang dapat mempunyai kinerja kemampuan memproses trilyunan pengoperasi perdetik, sementara teknologi chip hanya bisa memproses miliaran operasi dalam perdetik.

Komputer pada generasi kelima akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat secara langsung berbicara dengan komputer serta adanya kemampuan dalam penghematan energi komputer. Sifat yang luar biasa dapat disebut dengan “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis GUI (Graphic User Interface), multikomunikasi dan multimedia.

Gambar-gambar yang ditampilkan pada generasi ini menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses kinerja, dan dalam mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Dengan teknologi komputer yang ada pada saat ini, akan sulit untuk dibayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada pada saat ini saja, kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia” karena kecanggihan yang dimiliki.

Dari sisi teknologi dari beberapa ilmuan komputer dunia, memiliki keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta, apa yang disebut dengan biochip, yang terbuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan seperti ini nantinya akan menjadi seperti manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam proses penelitian saat ini yaitu mikrooptik, serta input-output audio yang dapat digunakan kepada generasi komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer pada sekarang sedang memulai dalam mencoba merakit komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan dikembangkan pada masa yang akan datang.

Ciri-ciri komputer generasi kelima Adalah:

  1. Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan
  2. Fitur-fitur yang semakin banyak
  3. Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat
Secara prinsip ciri-ciri komputer dimasa yang akan mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, berbicara, mendengar, dan lebih canggih lagi. Serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer generasi kelima memiliki kecerdasan buatan, yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil memiliki banyak sejarah komputer, yang dapat kita temui. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa pena dan kertas adalah alat tulis dan simbol yang secara alami kita terima, hanya tinggal masalah waktu saja sampai seseorang menemukan produk canggih terbaru dengan konsep pena pintar ataupun kertas pintar.

0 Response to "Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Sebatasinfo.com All Rights Reserved
Redesign by Sebatasinfo.com