Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970) - sebatasinfo.com

Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)


Sejarah Komputer Generasi Ketiga SebatasInfo.Com

Komputer generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an. Dalam penggunaanya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian salah satu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian.

Kemudian pada tahun 1958, dia telah menciptakan komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Penemuannya Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu. Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang.

IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor. Bahkan telah didesain prosesor yang memiliki miliaran transistor. Dari sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:

  1. Penggunaan listrik lebih hemat.
  2. Peningkatan dari sisi software.
  3. Harganya semakin murah.
  4. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  5. Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
  6. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  7. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  8. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  9. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  10. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, IBM S/360, UNIVAC 1108, GE 600, CDC 3000, 6000, NCR Century, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuat yaitu dari Digital Equipment Corporation) Sejarah komputer, diatas merupakan contoh komputer generasi ketiga. Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih simpel dan kecil. Pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

0 Response to "Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Sebatasinfo.com All Rights Reserved
Redesign by Sebatasinfo.com