Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959) - sebatasinfo.com

Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959)


Sejarah Komputer Generasi Pertama-Sebatasinfo.com

Sejarah komputer generasi pertama yaitu digital elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Merupakan salah satu yang digunakan sebagai kebutuhan umum. Program pada ENIAC, sudah di rancang pada tahun 1942, dan baru mulai di kerjakan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan selesai pada tahun 1946.


Bentuk program ENIAC berukuran sangat besar, dalam penempatan program tersebut membutuhkan ruang sebesar 500m2. ENIAC memakai 18.000 tabung hampa udara, serta 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor. Ketika mulai dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruangan 167 m2.

Perangat Lunak Pertama 

Perangkat lunak komputer yang pertama kali telah dikembangkan yaitu, komputer sebagai desain pesawat dan peluru kendali. Salah satu ilmuwan yang mengerjakan konsep pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse, seorang Insinyur berasal dari Jerman. Pada pertengahan tahun 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung bersama tim University Of Pennysylvania. Dalam proses membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik dalam merakit komputer.

Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer)  pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik semacam ini, memungkinkan pembuatan komputer agar berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Peran utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral CPU (Central processor unit), yang mampu semua fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri-ciri  komputer generasi pertama adalah CPU.

Ciri Khusus Komputer Generasi Pertama

Sejarah komputer generasi 1 memiliki ciri khusus, yaitu instruksi dalam mengoperasikan dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program seperti kode-biner.Masing-masing yang berbeda disebut dengan Machine Language (Bahasa Mesin). Hal ini menyebabkan program komputer sulit untuk diprogramkan dan membatasi kecepatannya.

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama Adalah:

  1. Ukuran fisik hardware komputer lebih besar, memerlukan ruang yang luas.
  2. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
  3. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
  4. Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
  5. Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
  6. Membutuhkan daya listrik yang besar.
  7. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
  8. Daya simpannya kecil.
  9. Prosesnya kurang cepat.
  10. Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
  11. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.

Central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi 1 merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem komputer. Perangkat komputer yang pertama kali di kembangkan yaitu, desain komputer  pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940an, sejarah komputer diubah lagi tersebut memulai perkembangan lebih lanjut, yang dilakukan oleh John von Neuman.

Baca Juga, 

Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I adalah mesin pertama yang digunakan sebagai mengoperasi seluruh sistem komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.


0 Response to "Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Sebatasinfo.com All Rights Reserved
Redesign by Sebatasinfo.com