Tiga Keunggulan Prabowo yang Bakal Bikin Kalah Jokowi - sebatasinfo.com

Tiga Keunggulan Prabowo yang Bakal Bikin Kalah Jokowi



Hiruk-pikuk Pilpres sudah usai. Meski KPU belum menetapkan paslon capres-cawapres Pilpres 2019, tetapi kita sudah bisa menebak bahwa ini akan jadi partai rematch antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Dahulu, publik dicekoki dengan propaganda bahwa pertarungan Jokowi dan Prabowo tidak akan berlangsung seru. Sebab sudah pasti Jokowi yang akan menang. Yang dimunculkan adalah logika tukang: jika pada Pilpres 2014 saja Jokowi bisa mengalahkan Prabowo, apalagi di Pilpres 2019 saat Jokowi sudah jadi capres petahana?
Tapi pandangan itu kandas sudah. Hari ini kita sama-sama saksikan bahwa kubu Jokowi sudah panas-dingin. Saking panas-dinginya sampai nekat mengandeng K.H. Ma’ruf Amin sebagai cawapres Jokowi. Kita tahu alasannya karena Jokowi tidak percaya diri: defisit dukungan umat Islam. Karena itu, “dedengkotnya” ulama pun digandeng.Lantas, apa dengan mengandeng Ma’ruf Amin semua masalah selesai? Tentu saja tidak! Saya pribadi, percaya Prabowo bisa unggul dari Jokowi pada Pilpres mendatang. Berikut tiga alasan saya.

Pertama, Pilpres tidak tergantung besar dukungan parpol. Koalisi Jokowi-MA boleh saja sesumbar dengan koalisi “gajah” yang beranggotakan 9 parpol pengusung. Tapi fakta politik menunjukan pilkada dan pilpres tidak melulu perkara banyak-sedikit parpol pengusung. Kedua kontestasi itu amat tergantung pada pergerakan relawan pemenangan, bukan mesti parpol.
Pertanyaannya, apa relawan Jokowi masih sebanyak Pilpres 2014? Jawabnya pasti tidak! Sebab banyak relawan Jokowi yang kecewa. Kecewa gara-gara kinerja Jokowi yang buruk selama hampir empat tahun ini. Kecewa gara-gara jagoannya tidak dipilih sebagai cawapres. Bukankah sekarang sudah muncul penolakan Ahoker terhadap Ma’ruf Amin?
Sebaliknya, basis relawan Prabowo meningkat pesat. Kekuatan oposisi relatif berpadu di Pilgub DKI Jakarta atau Pilgub Sumatera Utara. Akibat pergerakan relawan yang masif, hampir saja pihak oposisi unggul di Pilgub Jabar dan Jateng. Bahkan sampai sekarang semangat 212 terus membuncah di kalangan oposisi dalam gerakan ganti presiden.

Kedua, Kubu Jokowi kekurangan tokoh karismatik. Konon kubu Jokowi sampai mempersiapkan 100 jubir untuk Pilpres. Sementara kubu Prabowo cuma menaruh sekitar 10 jubir saja. Apa yang terbayang di sini? Benar! Ini bentuk kepercayaan diri kubu oposisi. Kasarnya, 10 jubir Prabowo-Sandi ini dianggap sepadan dengan 100 jubil Jokowi-Maruf Amin.
Faktanya, kubu Jokowi memang kekurangan tokoh sentral. Satu-satunya yang bisa disebut mbah-nya vote-gatter di kubu Jokowi ya cuma Megawati. Yang lain? Kering, Bro! Tak ada yang bisa diharapkan. Jusuf Kalla (JK) sebenarnya lumayan menjanjikan, tapi kan JK sudah bilang mau fokus urus pemerintahan. JK tak mau terlibat banyak dengan hiruk-pikuk Pilpres 2019.
Bandingkan dengan dedengkot kubu Prabowo. Ada SBY (Presiden RI ke-6) dan AHY (bakal cawapres dengan elektabilitas tertinggi di hampir semua survei) dari Partai Demokrat. Ada Amien Rais (capres 2004) dan Hatta Radjasa (Cawapres 2014) yang mewakili PAN. Ada 9 tokoh PKS yang punya basis militan hingga ke akar rumput. Jangan lupakan pula dukungan para ulama alumni 212 yang sepak-terjang mereka sudah terbukti nyata.

Ketiga, ini yang terpenting, kinerja Jokowi yang jeblok. Sewaktu Jokowi maju sebagai capres 2014, dia mengajukan 66 janji politik. Jejak digital 66 janji politik ini sudah tersebar di dunia maya, dan bisa diakses kapanpun.
Jadi nanti, saat Jokowi menyampaikan janji-janji politik untuk Pilpres 2019, rakyat akan membaca ulang kesuksesan tiap-tiap item dari 66 janji politik sebelumnya. Lalu rakyat akan membandingkan dengan kondisi hari ini.
Dengan berkaca pada 66 janji politik ini, mudah saja bagi rakyat untuk menghakimi. Apakah Jokowi ini serius ingin melanjutkan program-program kerja kerakyatannya? Atau jangan-jangan ini cuma program pengibulan nasional lanjutan?

0 Response to "Tiga Keunggulan Prabowo yang Bakal Bikin Kalah Jokowi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Sebatasinfo.com All Rights Reserved
Redesign by Sebatasinfo.com